Skip to content

Beternak Organik

Juni 26, 2010

ternak kambing di pertanian organik Merden

Sebagai salah satu petani yang masih baru dalam dunia organik, saya juga mencoba beternak cara alami. Tujuan utama peternakan ini adalah untuk mendapatkan kotoran hewan (khususnya kambing) yang digunakan sebagai bahan utama kompos. Meski harga kambing/sapi itu sendiri memang lebih tinggi dibanding harga padi organik. Selain beternak kambing, saya juga mencoba beternak ayam kampung dan ayam pedaging.

Metode peternakan alami ini saya adaptasi dari Natural Farming ala Mr Cho serta beberapa literatur mengenai beternak. Sebab saat mencoba beternak alami ini, saya belum bertemu langsung dengan Mr Cho. Sementara literatur mengenai beternak alami milik saya masih belum lengkap.

Selama menjalani proses belajar beternak, saya mempelajari bagian-bagian mana yang harus diperbaiki dan bagian mana yang perlu adaptasi lokal. Tentu saja saya juga belajar dari pengalaman beberapa teman peternak yang sudah lebih dulu beternak secara alami.

Saat beternak kambing, awalnya saya memberikan pakan rumput terfermentasi atau jerami terfermentasi. Seiring berjalan waktu, saya juga tetap memberikan rumput segar yakni rumput sataria yang sengaja saya tanam di pekarangan. Selain itu, minuman ternak saya berikan nutrisi hasil buatan sendiri dengan tujuan meningkatkan daya tahan tubuh kambing. Meskipun demikian, tetap saja setiap makhluk hidup punya ketahanan tubuh yang berbeda.

Sementara pada ayam pedaging atau ayam leghor, saya mencoba menerapkan sistem penghangat alami. Untuk mengurangi penggunaan penghangat lampu yang memakan energi listrik cukup besar. Penghangat tersebut berupa merang yang telah diberi nutrisi atau aktivator. Panas dihasilkan dari aktivitas mikroba dalam nutrisi.

Beternak adalah merawat makhluk hidup yang resikonya cukup tinggi. Sebab daya tahan tubuh dan metabolisme tubuh tiap hewan berbeda. Bibit juga berpengaruh pada daya tahan tubuh selama proses penggemukan. Masih banyak yang harus dipelajari dari beternak secara alami ini.

Meski belum sepenuhnya berhasil, paling tidak saya mendapatkan pupuk kandang. Dan cucu saya punya hiburan…:)

ternak sapi pertanian organik merden

Semoga di tulisan lain akan dibahas lebih rinci tentang beternak organik ini. Atau siapa tahu ada yang mau berbagi tentang beternak secara alami.

2 Komentar leave one →
  1. Mei 17, 2012 10:02 am

    Pak Admin, saya adalah peternak sapi lokal. Bagaimana cara mengoptimalkan penggemukan sapi? Saya pernah membaca artikel yang menyebutkan bahwa pupuk urea bisa dicampurkan dengan air minum sapi,apakah pupuk urea tidak berbahaya dibuat sebagai campuran air minum sapi? Terimakasi sebelumnya

    • November 22, 2012 12:37 pm

      Perkenalkan, saya petani wanita.
      Pupuk urea berbahaya jika diberikan pada makhluk hidup.
      Sapi bisa digemukkan secara alami dengan memberikan nutrisi asam amino dan mineral.

Tinggalkan Balasan

