Skip to content

Pelatihan Pengendalian Hama Tanaman menggunakan Trichogramma

Juni 29, 2010

Pada tanggal 4-6 Mei 2010, saya berkesempatan mengikuti pelatihan di Pasuruan Jawa Timur. Pelatihan ini diadakan oleh Pengamat Hama Tanaman dan Hortikultura dan Laboratorium PPHTI Pandaan.

Pelatihan yang menghadirkan Ibu Cholifah sebagai narasumber ini, menggunakan Trichogramma sp sebagai musuh alami hama ngengat tanaman padi.

Awalnya, tepung jagung dan dedak disangrai (digoreng tanpa menggunakan minyak). Kemudian campuran tersebut diletakkan dalam sebuah toples yang telah diisi oleh hama gudang. Setelah enam minggu dengan hama gudang, imagonya akan keluar. Imago adalah semacam kupu-kupu kecil yang lebih dikenal dengan keper.

Keper kemudian dimasukkan ke dalam sebuah tabung silinder. Dua atau tiga hari kemudian, keper itu akan bertelur. Tahap selanjutnya yakni mencari telur hama pengerek batang padi. Telur hama itu diletakkan dalam tabung.

Dalam dua hari, tabung berisi telur hama itu akan dipenuhi hama. Ada beragam hama, ada trichogramma dan jenis hama lain. Trichogramma pun, sebenarnya juga merupakan hama.

Tahap selanjutnya, pada tabung yang dipenuhi hama itu, dimasukkan telur keper. Di sini, hama yang bukan trichogramma akan mati karena tidak mempunyai makanan. Proses ini dinamakan parasitasi trichogramma. Selanjutnya, trichogramma telah siap diaplikasikan di lahan pertanian.

sumber: http://jawapos.com/radar/index.php?act=detail&rid=163080

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: